Wednesday, 2 November 2016

Berkunjung ke Portugal di Kota Lisbon, Sintra, Evora (monastery geronimo makam Vasco de Gama, castle sao jorge, dll)

Lisbon

Sekedar share tambahan buat yang ingin ke Lisbon, Portugal, saya pernah berkunjung seminggu dikota ini, menginap di apartemen Rossio Suites (cek booking.com, menurut saya cukup murah semalem sekitar 700 ribu dan kamarnya bagus dan besar untuk ber 3 dengan wc di dalam, cuma lokasinya agak naik jalan berbukit) di daerah Rossio (dekat stasion Rossio).

Lisbon

Rossio Square, mgk di copy jadi Senado Square di Macao

Praca de Commercio, daerah bisnis dan komersil, sebrangnya komplek toko

Lisbon dr atas

Yang ngurus apartemen ini, Joanna, baik banget nawarin antar jemput ke airport. Menurut saya untuk keliling Lisbon pilihannya mau pake Lisbon Card (mahal tapi masuk beberapa tempat wisata penting sekalian, seperti monastery geronimo yang ada makamnya Vasco da Gama, castle sao jorge etc, kalo bisa banyak tempat yang dikunjungi, untuk yang 3 hr sekitar E40 jadi sayang kalau ga banyak dipakai) atau dengan 'hop on hop off' bus dan pilih aja beberapa tempat yang ingin dilihat dan bayar ditempat. Daerah yang harus dikunjungi Belem, Bairro Alto, Alfama (kalo bisa denger musik Fado, mgk asalnya keroncong).

Tombnya Vasco Da Gama, pahlawan dr jaman golden age colonial Portugal

Kalau mau kuliner yang perlu di coba tentunya Portuegese egg tart atau di sana disebut Pastei de Belem, di daerah belem tidak jauh dari monasteri Jeronimo (pake ngantri panjang belinya), gorengannya seperti pastel, empanada, kroket, selanjutnya bacalhau (ikan cod asin ) dimasak macem-macem. Di beberapa tempat saya lihat mereka menyajikan dengan kentang dan nasi secara bersamaan kalau kita pesen makan, jadi porsinya cukup besar buat berdua.

Jeronimos Monastery

Yay, portuguese egg tart, di belem tempat asalnya

Monument discovery (golden age Portugal), jembatan kyk golden bridge dan patung Jesus de Redeemer (versi asli dr yg Brazil) dlm 1 garis, sorry gbrnya kecil

Kalo ada waktu 2 hari sisa, bisa ke kota tetangga seperti Sintra dan Evora.

Sintra dr Moors Castle

Sumur di castle Castle Quinta de Regaleira, Sintra aslinya spooky

Sintra kotanya sangat cantik seperti fairy tale Disney dan banyak istana-istana seperti palace de pena, moors castle. Bisa ditempuh naek kereta dari Rossio Station biaya E6 pp sekitar 0.5 jam. Di Sintra sendiri ada bis umum no. 435 yang langsung lewat objek2 wisata penting biaya E5 sekali jalan lewat semuanya.

Benteng Moors ... cape deh sampai diatas

Palace Pena, Sintra

Evora, kota medieval di portugal, obyek yang penting disini ada chapel of the bones, jadi gerejanya dibuat dari tulang manusia, selain itu diana temple romawi dan batu megalitik seperti stonehenge.

Entry gate chapel of the bones, Evora katanya itu artinya 'our bones lies here for yours await'... hehehe..serem

Tembok chapel dr deket

Chapel dr depan

Megalithic , Evora

Kota ini sekitar 130 km ditempuh 2-3 jam, bisa dengan kereta atau bis. Saya tidak kebagian kereta, kereta hanya ada jam 7,9 pagi dan 5 sore dari Oriente Stasion, jadi saya pake bis dari Sete Rios biayanya sekitar E 25. Dari terminal bis kita bisa jalan ke pusat kota dan minta peta di pusat informasi. Kotanya breathless, cantik dengan rumah-rumah warna putih bergaris kuning.

Nih makan french fries sm nasi ... mie goreng mgk lbh enak

Miced of oil cakes = gorengan bukan ? Ga ada cireng si

Menurut saya Lisbon lebih murah dari Spanyol, Italy apalagi dibandingkan negara Eropa barat lain, kotanya agak berbukit-bukit jadi kalau jalan cukup melelahkan, transportasi umumnya dengan tram tua, orangnya (Lisboestas) juga lebih ramah dibanding di negara eropa lain yang saya pernah kunjungi, dan saya cocok sekali makanannya yang umumnya ikan, juga gorengannya (bisa beli di pagi hari), feels home.

I wanna comeback to this city again someday.

Sumber : Ananda Aviati

No comments:

Post a Comment