Sunday, 13 November 2016

Tips Memilih Hotel Ketika Jalan-jalan Wisata di Jepang

Hotel Toyo

OSAKA PAGI INI, selamat pagi semua, suhu pagi ini 20 derajat Celcius, agak naik dibanding malam yang 17 derajat, nah saya mau bagi Tips sbb, krn hari ini mlm saya akan ke Tokyo.

TIPS ASYIK jalan-jalan JAPAN:
1. Suhu bulan ini sd Maret akan drop, jadi kawan kawan yang berangkat bulan Sept - Okt suhu masih sejuk.

Jangan disibukkan dengan cari kamar ber ac, tapi booking lah kamar non ac, jangan samakan persepsi kita yang terbiasa berada di negara tropis, disini buka saja jendela saat malam (kecuali musim salju) maka udara akan fresh dingin masuk, kamar saya di hotel ini tidak ber ac namun dingin sekali.

Debu? Disini gak berdebu.
bising? Gak sama sekali, disini sunyi,
Nyamuk? Nyamuk yang suka sushi yang hidup disini, harga kamar ac lebih mahal daripada non ac, tapi dalam bulan ini ac gak manfaat, buatku ya yang ambil hotel bacpacker as long as ada jendelanya.

2. Hargai dan gunakan lebih dulu uang coin. Disini orang lebih mendahulukan menggunakan uang coin, so sahabat bila dapat kembalian coin, hargai dan cepat gunakan.

Vending machine buat minuman rata rata harganya 108yen, gunakan coin.

Beli makanan atau snack gunakan coin, jangan takut akan kembalian, mereka akan kembalikan pas gak diganti permen.

Misal coin dalam tangan saya itu 658 Yen itu cukup bisa beli yoshinoya Rice Bowl ukuran medium, jangan samakan persepsi uang coin kita di tanah air, disini seberapa pun nilai uang sangat mereka hargai. Dan agar kita pulang ke Indonesia juga gak bawa Coin karena tidak laku di money changer.

Bila kesulitan dengan menghitung uang coin saat depan kasir, saya biasanya, ambil semua uang coin dalam saku, lalu saya tunjukan diatas telapak tangan kanan saya tunjukan ke kasir, maka kasih akan dengan senang hati bantu itung dan ambil coin sesuai jumlah belanjaan saya, nice mereka manis dan mereka tahu kalau kita turis.

3. Orang jepang bila promo di jalanan tidak pakai brosur lagi namun menggunakan tissue saku atau pocket tissue, bila ada sales girl atau man kasih di jalan ambilah dan berikan ucapan arigatou, kebiasaan disini adalah menghargai pemberian dan ambil walau tak perlu, beri senyum, tissue lumayan lucu lucu buat koleksi..

So kawan mari kita jalan jalan dengan happy dan tanpa rasa takut atau canggung.

Sumber : Oka Mukti

No comments:

Post a Comment