Tuesday, 27 December 2016

Sharing jalan jalan mengunjungi Kota Menarik di Negeri Van Oranje alias Netherland

incir angin kayu zaman dulu

Howdy!!
Kembali lagi mau sharing tentang negeri van Oranje alias Nederland. Again, Netherland is not about Amsterdam only. Maka, saya mau coba sharing setiap kota dan hal menarik apa yang ada di kota tersebut.
Catatan: Tidak semua kota yang saya datangi dimention di sini, bukan karena tidak ada yang menarik di sana, hanya saja mungkin kunjungan saya terlalu singkat jadi tidak sempat explore jauh di sana. Doei!!

1

Amersfoort (sekitar 17km dari Utrecht): City Gates di Centrum, melihat pemandangan Belanda dari ketinggian menara Onze - Lieve - Vrouwetoren, DierenPark Amersfoort (Kebun Binatang), Eksplor Sejarah Kota Amersfoort melalui tur kanal (Waterlijn Rondvaarten), dan bersepeda sepanjang Amersfoort atau jogging di hutan - hutannya, you know.. I really love this city because it is really quiet and nice, not crowded like Amsterdam or Utrecht, I live here for quite long time so I fall in love with Amersfoort. Dan jangan lupa, having borrel (beer or wine) di tengah Centrum Amersfoort bersama rekan - rekan. Superb!!

Pelopor bajaj di Nederland memang di Amersfoort

Onze Lieve Vrouwetoren.

Utrecht: selain kawasan kampus di sini, saya menemukan banyak toko buku (boekverkoper) yang seru di sini!! Contohnya seperti Broese Boekhandel. Dan entah kenapa, kota ini terasa begitu menyenangkan untuk dihampiri, stasiunnya menyambung dengan pusat perbelanjaan bernama Hoog Catharijne yang sedang dalam konstruksi besar - besaran. Ada Gagawa resto di depan pintu masuk Hogg Catharijn persis yang menjual makanan olahan ayam dan daging sapi dengan porsi sangat besar. Overall, Centrum adalah pusat seru untuk bisa jalan - jalan berbelanja dan kulineran. Karena juga banyak mahasiswa di sini, jadi banyak juga bar - bar, kafe dan bioskop yang harga "enteng"

Zaandam: Centrum Zaandam untuk belanja, PRIMARK!!! Ini wajib hukumnya untuk yang suka belanja baju murah (ini untuk cewe cowo loh), dan Zaanse Schans yang FREE juga bisa melihat kincir angin kayu zaman dulu.

Zaanse Schans.

Central Station Zaandam

Lelystad dan Almere: Lelystad ini unik, karena ini sebenarnya adalah pulau reklamasi yang dibangun pada tahun 1960-an, jadi pulau ini masih "baru". Jadi, jangan heran kalau ngga ada bangunan tua dan medieval seperti ciri khas kota Belanda pada umumnya. Baik di Almere maupun Lelystad,menurut saya lebih ke surga belanja seperti contohnya Batavia Stad Fashion Outlet. Tapi ada juga National Aviation Theme Park Aviodrome bagi yang suka dengan dunia penerbangan.

Zwolle: Ini kota yang menenangkan buat saya. Padahal saya juga ngga terlalu eksplor ke mana - mana, hanya di sekitar Centrum. But must thing to do is, jalan - jalan cantik sekitar Staadsgracht atau parit yang mengelilingi kota Zwolle ini, tea -tasting in Simon & Levelt Tea dan ngopi di Bagels and Beans sembari melihat hiruk - pikuk lalu lalang orang di Centrum. Superb!

Zwolsche Stadsgracht.

Nijmegen: Enaknya kota ini adalah, dekat dengan Koln/Cologne (Jerman), sekitar 2,5 jam dengan mobil. Selain menyusuri Centrumnya saya mengunjungi kastil Kronnenburgerpark dekat Centrum. Walaupun katanya disinyalisasi terdapat puluhan kastil di kota ini.

Maastricht: Maastricht juga dikenal sebagai kota mahasiswa. Selain itu, karena letaknya di Selatan, aksen Belanda mereka lebih halus dan beberapa juga berbicara bahasa Prancis atau Jerman. Kenapa? Karena dekat Maastricht ada kota bernama Vaals, dan jika mengunjungi Drielandenpunt , adalah monumen titik 3 pertemuan negara: Belanda, Belgia, dan Jerman. Saat menggunakan bus dari Central Station Maastricht, tujuan akhirnya adalah Aachen yang notabene sudah di Jerman.

Maastricht Centrum.

Drielandenpunt.

Groningen: Museum of Groningen, Sinagog satu - satunya di Belanda ada di sini, dan tentu saja, jalan jalan di Centrum :D

Centrum Groningen.

Assen: untuk nonton Moto GP live, hehe..

Saran

Kalau punya 1 hari di Belanda: Eksplor Amsterdam dan Zaandam (mereka hanya berjarak 4 menit dengan kereta)

Kalau punya 2 hari di Belanda: Amsterdam, Zaandam, Amersfoort

Kalau punya 3 hari di Belanda: Amsterdam, Zaandam, Maastricht (bisa PP) menuju Drielandenpunt

Kalau punya 4 hari di Belanda: Amsterdam, Zaandam, Giethoorn (Venice of Netherlands, harus menginap), Roermond (belanja barang bermerk harga murah)

Kalau mau tanya - tanya lagi silakan langsung message, saya senang bila bisa membantu :)

Kunjungan singkat: Hilversum, Nieuwland, Rotterdam, Den Haag, EIndhoven, Arnheim, Breda

Salam

I traveled: alone

sumber : Farah 'Ray' Soraya

No comments:

Post a Comment